08 May 2007

Speedy, Akses Broadband

SPEEDY adalah produk Layanan Broadband Access dari PT TELKOM dengan basis teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). ADSL dapat menyalurkan data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan hingga 384 kbps dari modem sampai dengan BRAS (Broadband Remote Access Server).

Pada Gambar 1 diilustrasikan suatu jaringan yang menggunakan teknologi ADSL. Teknologi ADSL membawa sinyal data dan suara dalam kabel tembaga, kemudian xDSL splitter (Splitter dari DSL-series) memisahkan sinyal suara dan data. Sinyal suara dihubungkan ke pesawat telepon biasa, sedangkan sinyal data disalurkan ke modem ADSL untuk selanjutnya dihubungkan ke komputer. ADSL memberikan privasi serta dedicated bandwidth bagi setiap pengguna, karena setiap pengguna dalam jaringan ADSL mempunyai saluran tersendiri sampai ke perangkat multiplexer di sisi Telkom.

Dunia Broadband

Layanan broadband access memungkinkan berbagai aplikasi multimedia masa depan dapat dinikmati dengan kualitas serta kenyamanan yang optimal. Broadband access sering disebut dengan akses internet kecepatan tinggi (high speed internet access), karena biasanya mempunyai data kecepatan tinggi. Anda bisa mulai menjelajahi dunia Internet masa depan dengan internet 3 dimensi (3D). Aplikasi 3D merupakan layanan terintegrasi yang padat dengan animasi-video-musik.

Siapa yang sebaiknya memilih layanan akses SPEEDY?

SPEEDY tepat digunakan oleh pemakai internet yang sering mengakses data dalam volume besar dengan kecepatan tinggi, serta membutuhkan koneksi internet yang lebih stabil.

SPEEDY juga sesuai untuk kawasan perumahan (households) yang merupakan pengguna internet secara aktif, termasuk SOHO (small office - home office), medium-scale enterprises, sekolah, dan institusi lainnya.

SPEEDY sangat sesuai untuk aplikasi-aplikasi dalam bentuk video interaktif dan kecepatan yang tinggi, seperti aplikasi permainan secara online (game-online) yang memadukan aliran audio dan video (audio and video streaming) hingga menjadi sangat smooth dan jernih.

Aplikasi-aplikasi lainnya dalam dunia broadband internet di antaranya, adalah:

  • Akses internet kecepatan tinggi.
  • Multitask, download file, browsing, akses ke web-mail pada saat yang bersamaan tetap dengan kecepatan yang nyaman.
  • Streaming media, Anda dapat menonton high quality streaming media di PC seperti video musik, movie traillers, konser musik, siaran televisi, siaran radio dan lain-lain.
  • Mengoperasikan PC (personal computer) dari lokasi jauh (remote), sampai dengan 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa henti.
  • Mengoperasikan PC yang tersambung ke akses LAN (local area network), misalnya untuk teleworking, SOHO. Aplikasi yang mendukung program belajar jarak jauh (distance learning).
  • Aplikasi untuk video conference.
  • Aplikasi untuk online game, home shopping, video on demand, dll.

Keunggulan

Praktis
Layanan komunikasi suara/fax dan data/internet kecepatan tinggi dapat dilalukan pada saat yang bersamaan tanpa saling mengganggu (simultan).

Koneksi 24 jam
Layanan internet broadband ADSL menyediakan koneksi secara terus menerus selama 24 jam dan 7 hari seminggu, serta mampu menyalurkan koneksi dengan kecepatan tinggi.

Aman
Saluran/jalur yang digunakan pengguna SPEEDY digunakan sendiri dan tidak dibagi dengan pengguna lainnya (not shared), sehinggan keamanan lebih baik. Hal ini penting untuk aplikasi e-business.

Kecepatan Konstan
Karena infrastruktur tidak terbagi dengan pengguna lainnya, maka kecepatan tidak terpengaruh oleh jumlah pelanggan dan pertambahan jumlah pelanggan yang akses. Koneksi lebih stabil karena masing-masing pengguna mempunyai jalur tersendiri ke peralatan multiplexer di sisi TELKOM. Anda dapat menikmati pengalaman akses internet dengan kecepatan download sampai dengan 384 kbps.

Tarif Flat-Rate
Anda dapat memilih paket layanan berdasarkan kuota trafik internet yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan penagihan dilakukan secara flat setiap bulan. Jika trafik Anda melebihi kuota yang dipilih, maka Anda harus membayar kelebihan sesuai jumlah trafik (dalam megabyte).

Karakteristik Akses Internet
Mempunyai mode transmisi yang bersifat asimetris karena berbasis teknologi ADSL, maka kecepatan download bisa lebih tinggi dari upload. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik kebutuhan akses internet, dimana pengguna internet melakukan download yang lebih banyak daripada upload.

Perangkat

Perangkat yang diperlukan pelanggan:

  • MODEM ADSL
  • Splitter (biasanya sudah included saat beli MODEM)
  • Saluran telepon tetap
  • Perangkat komputer/laptop

Tarif Speedy yang baru dapat dilihat di sini

No comments: