24 May 2007

Mengelilingi Obyek-Obyek Wisata

Pasuruan - Travel Agent Gathering (TAG) ke-2 yang bakal digelar selama tiga hari dua malam, 25 sampai 27 Mei 2007 oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, dikemas serba bernuansa wisata. Para travel agent dari dalam dan luar Jawa Timur akan check in di rumah makan Bale Air di Plintahan-Pandaan sekitar pukul 16.00 sampai 18.00.

Di hari pertama mereka akan menginap di hotel yang tersebar di Pandaan dan Prigen. Hampir semua hotel di Pandaan dan Prigen akan menjadi tempat menginap peseta TAG dari daerah yang berbeda. Setelah itu, keesokkan harinya, tepatnya mulai pukul 08.00 mereka akan diajak berkeliling ke berbagai obyek wisata di Kabupaten Pasuruan. Mulai dari royal orchid, candi Jawi, finna golf, masjid Cengho, The Taman Dayu Pandaan, home stay Nongkojajar-Tutur. Khusus di Nongkojajar mereka bisa melihat dari dekat budidaya paprika, bunga krisan, apel dan ternak sapi perah.

Puas di tiga daerah dataran tinggi tersebut, para peserta TAG nantinya juga akan diajak menikmati obyek wisata andalan Kabupaten Pasuruan. Yakni, matahari terbit (sun rise) dari puncak Penanjakan dan keelokan Gunung Bromo. Di daerah suku Tengger itu mereka rencananya juga akan diajak menginap di Bromo Cottage. Bahkan juga akan diajak sarapan bersama masyarakat suku Tengger.

Sementara di hari terakhir, para peserta TAG rencananya akan dijadwalkan berkunjung ke pusat bordir di Bangil (Bangkodir-Bangil Kota Bordir). Disamping juga diajak ke pusat home industri kerajinan perak. Kemudian TAG itu akan berakhir di rumah makan Sri Pandaan.

"Jadi selama tiga hari dua malam itu, mereka kita ajak berkeliling-keliling menikmati dari dekat beragam obyek wisata Kabupaten Pasuruan. Mereka juga kita ajak menikmati makanan, minuman dan camilan khas Kabupaten Pasuruan," jelas DP Soewarno, Kadis Pariwisata Kabupaten Pasuruan didampingi Kasubdin Pariwisata Yuswanto.

Dengan kemasan TAG seperti itu, lanjut Soewarno, diharapkan para travel agent semakin mengenal obyek wisata di Kabupaten Pasuruan. Termasuk segala pernak-pernik yang terkait dunia wisata tersebut. Sehingga mereka akan semakin mudah dalam mempromosikan obyek wisata Kabupaten Pasuruan pada para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, seiring dengan digelar TAG 2 itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan bersama para pelaku wisata di daerah ini juga punya gawe lain di sektor wisata. Yakni, festival Arjuno. Even yang kedua kali digelar ini akan diadakan 4 hari berturut-turut, 31 Mei sampai 3 Juni 2007.

Acara dan lomba yang digelar dalam even Arjuno itu sangat beragam. Di antaranya, pameran produk UKM dan bordir, pameran agro, hiburan tari dan musik tradisional, parade kuda dan andong, parade pisang, parade band, wayang kulit, jalan sehat, lomba layang-layang, lomba mewarnai dan menggambar. Disela-sela even Arjuno itu juga akan dilakukan pengukuhan Forum Komunikasi Pelaku Wisata oleh Bupati Pasuruan H Jusbakir Aldjufri. (ans)

sumber : http://kab-pasuruan.go.id