06 November 2007

Menikmati Yahoo Messenger Melalui Akses Internet Flexi

Ada yang ingin saya ceritakan ketika mudik lebaran kemarin. Yaitu pengalaman mengakses internet dari pelosok desa Glagahombo, Pondokrejo, Tempel, Sleman, Jogja. Ya, lebaran ini saya mudik ke sebuah desa, yang terletak beberapa kilometer di sebelah Timur perbatasan Jogja-Magelang, dan berada di 21 kilometer sebelah selatan Gunung Merapi. Wah, wong ndeso betul ini ...

Di desa saya, sinyal yang paling kuat adalah Telkomsel. Memang di situ barusan dibangun tower untuk BTS Telkomsel, dan kebetulan BTS dibangun di sebelah desa. Yang terkuat berikutnya adalah sinyal Flexi dan Indosat.

Sebelum mudik, saya memang sudah mempersiapkan seperangkat alat akses internet yang berupa : laptop, HP Flexi Nokia 2116, kabel DKU-5, headset, dan webcam. Bahkan saya bawa juga kabel data untuk HP Telkomsel saya, untuk jaga-jaga kalo akses internet Flexi-nya ngadat. Tapi Alhamdulillah, ternyata di sana akses internet pake Flexi lumayan lancar. Sinyal di HP menunjukkan posisi lima sampai tujuh (full) bar. Saat saya lakukan speed test ke http://www.sijiwae.net/speedtest , kecepatan yang didapat sekitar 30-60 kbps.

Semula saya tidak yakin, kecepatan sebesar itu akan bisa digunakan untuk melakukan video conference melalui Yahoo Messenger. Ternyata dugaan saya salah. Saya bisa melakukan video conferencing dengan baik, dengan saudara dan teman, yang berada di dalam dan luar negeri. Di awal koneksi memang sempat down dan macet gambarnya, namun setelah dicoba lagi koneksi jadi lancar. Kalo delay suara memang tidak bisa dihindari, yaitu sekitar 1 detik, sehingga harus agak sabar mengatur ritme percakapan.

Keponakan saya (yang ada di gambar), sekarang tidak takut lagi menghadapi laptop dan webcam saat berkomunikasi dengan ayahnya. Ayahnya sedang merantau dan belum bisa mudik hingga lebaran ini. Tahun lalu, keponakan saya ini tidak mau (nangis hebat)saat saya ajak masuk WARNET ketika mau YM-an sama ayahnya. Jadi, kesempatan video conference kali ini sangat spesial bagi adik saya, dia keliatan exciting sekali.

Ternyata video conference pake YM bisa dilakukan dari desa, dengan menggunakan HP sebagai modem. Tentu saja asal di situ ada sinyal flexi, atau GSM/GPRS, atau EDGE, atau 3G, atau 3.5G, atau Wimax. Wah apaan tuh ? ...

Baca juga :
1. Asyiknya Video Conference Gratis melalui Yahoo! Messenger
2. Cara setting Nokia 2116 untuk modem internet

3 comments:

Unknown said...

hehehe.... kok ga YM an ama aku sih de'. YM ku juga sama indriam ...

Anonymous said...

Tapi sampeyan kan sering ol di Gtalk mbak. Kapan ya YM bisa nyambung ke Gtalk ?

pandaan teknik said...

Wah masil kecil uda bisa Ym, Mantap gan.